Gurihnya Keripik Rasa Lokal Bali

Adakah di antara teman-teman yang suka banget liburan ke Bali? Bali emang nggak pernah sepi dari wisawatan, bahkan pada saat Hari Raya Nyepi pun Bali tetap ramai lho. Apalagi sekarang harga tiket pesawat udah terjangkau banget dan metode pembeliannya juga udah bervariasi bisa pakai apps apa aja.

Saya lumayan sering mengantar tamu berwisata di Denpasar, Kuta, dan sesekali sampai ke Ubud. Pada hari terakhir kunjungan mereka di Bali, pasti mereka minta mampir ke toko oleh-oleh khas Bali. Selesai belanja, masing-masing tamu biasanya membawa minimal 1 kardus kecil berisi oleh-oleh makanan, baju barong, sarung khas Bali, aromaterapi, dan lain-lain. Saya sesekali suka iseng ikutan beli pie susu atau kacang disco karena emang enak buat dicemil-cemil di rumah.

Sebenarnya ada satu oleh-oleh khas Bali yang saya belum pernah coba dan akhirnya jadi penasaran banget. Namanya RasaLokal Indonesia, dengan produk utama keripik singkong. Produknya ini cukup nge-hits di media sosial dan nggak dijual di sembarang toko oleh-oleh karena memang RasaLokal punya toko sendiri di Jalan Dewi Sri No. 100B, Kuta.

Varian RasaLokal Bali: keripik singkong Sambal Matah, Sambal Matah Gilaa, Bumbu Betutu Bali, dan keripik kulit ikan (Fish Skin) Khas Pantai Serangan
IMG_3715
Jam operasional RasaLokal Bali

Saya sengaja dateng ke outlet RasaLokal jam 10 pagi supaya nggak antri. Dari semua varian, yang menarik perhatian saya adalah Fish Skin dan Keripik Bumbu Betutu Bali-nya. Kenapa bukan yang keripik Sambal Matah-nya? Karena di dalam kemasan Fish Skin juga ada sambal matahnya, hehe.

Harga keripiknya IDR 115,000/box (isi 5, tidak boleh mix rasa), sementara fish skin-nya IDR 115,000/box (isi 3). Mari kita ulas rasanya. Apakah memang se-enak itu dan sepadan dengan harganya?

IMG20180310111447
Fish Skin Khas Pantai Serangan

Sebenernya saya penasaraaaan banget sama Fish Skin ini. Gimana engga, mahal banget kan. Dalam kemasan Rasa Lokal ini kita akan mendapatkan sebungkus keripik, sekotak sambal, sebuah tusuk gigi (untuk membuka kemasan sambal), dan satu tisu basah. Unik ya. Fish skin-nya gurih, tapi menurut saya kurang cocok dengan sambal matahnya. Sambal matahnya tidak mengecewakan, kok. Bawangnya harum, serehnya juga berasa, dan aroma jeruknya cukup kuat juga. Namun.. ya rasanya tidak cocok aja dengan keripik kulit ikannya. Ohiya isi kerupuknya banyak sih, ternyata. Jadi pas-lah harganya segitu. Keripik kulitnya akhirnya saya habiskan tanpa dicocol lagi ke sambalnya.

IMG20180310152034
Keripik Singkong Bumbu Betutu Bali

Setelah paginya saya makan yang Fish Skin dan lumayan kecewa, saya tidak berharap banyaklah ke keripik singkongnya. Isi kemasan masih sama, namun kali ini tekstur bumbunya lebih cair dan baunya tidak se-menyengat yang sambal matah. Pertama-tama saya icip dulu keripik singkongnya. Keripiknya empuk (kres-kres) dan mudah sekali dikunyah. Crunchy banget dengan seasoning yang gurih dan pas. Saat dicocol ke bumbu betutu, ternyata…. ENAK BANGET. Hands down, gengs. Ini enak banget. Bumbu betutunya persis dengan bumbu betutu yang biasa ditemui di warung makan ayam betutu di Jalan Raya Kuta dan di resto-resto betutu lainnya. Rempahnya terasa, kekentalan bumbunya juga pas, dan rasanya tidak ‘bertabrakan’ dengan seasoning di keripiknya. Sukaaa banget.

IMG_3712
Suasana di dalam outlet RasaLokal Bali

Kalau untuk oleh-oleh, saya pasti akan membeli yang Bumbu Betutu Bali. Selain rasanya yang otentik dan enak, versi Bumbu Betutu ini juga tidak pedas jadi aman untuk sepupu atau keponakan yang masih kecil-kecil, hehe. Jadi, kapan nih, temen-temen mau liburan ke Bali?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s